Langsung ke konten utama

Pesona Kebun Raya Bogor

Siapa yang belum mengenal pesona Kebun Raya Bogor? Kebun cantik yang sudah ada sejak zaman Kolonial Belanda ini adalah salah satu icon kota Bogor. Kebun seluas 87 hektar ini beralamatkan di Jalan Ir. Haji Djuanda No. 13, Paledang, Bogor, Jawa Barat.

Bagi sobat yang ingin menggunakan angkutan umum, berikut saya rangkumkan rutenya. Dari Stasiun Bogor – naik angkot nomer 03 – turun di depan Plaza Jambu Dua – naik angkot nomer 08 atau 09 – tiba di Kebun Raya Bogor. Dari Stasiun sobat juga dapat menggunakan angkutan online.

Kebun yang diresmikan pada 18 Mei 1817 ini merupakan sarana rekreasi, pendidikan, dan pembelajaran pertanian. Selain itu juga menjadi pusat penelitian berbagai tumbuhan yang ada di Indonesia. Penelitian di Kebun Raya Bogor dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Tempat wisata ini buka pada pukul 07.30 – 17.00 WIB setiap harinya. Harga tiket masuk Rp 14.000,- per orang (domestik), Rp 35.000 per orang (mancanegara). Harga tiket sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja Distribusi Pemkot. Biaya parkir kendaraan roda empat Rp 30.000, sedangkan sepeda motor Rp 5.000. Harga sewa sepeda Rp 15.000,- per jam. Harga jasa pemandu resmi Kebun Raya Bogor Rp 100.000,- per jam.

Hari Senin – Jumat, hanya pintu utama yang dibuka. Diatas jam 15.00 WIB pintu tiga akan dibuka untuk mempermudah akses pengunjung ke Café Dedaunan. Pada hari Sabtu dan Minggu, ada tiga pintu masuk yang dibuka, yaitu pintu satu, pintu tiga dan pintu empat.

Walaupun terdapat tiga buah pintu, saya sarankan sobat masuk melewati pintu utama. Sehingga sobat dapat meminta brosur dan peta Kebun Raya Bogor di Gedung Pusat Informasi. Selain di brosur, sobat dapat melihat objek menarik Kebun Raya Bogor di papan, yang terletak di dekat loket pintu masuk utama.

Walaupun udara di Bogor cenderung panas, tapi begitu masuk di dalam taman ini rasanya langsung sejuk. Maklum saja taman ini menyimpan berbagai koleksi tumbuhan. Begitu turun dari pintu gerbang utama, sobat akan disambut dengan Tugu Lady Raffles.

Tugu ini didirikan oleh Stamford Raffles. Beliau adalah Gubernur Jawa pada tahun 1811 – 1816. Tugu tersebut merupakan lambang untuk memperingati kematian istrinya Olivia Mariamme Raffles. Mrs Olivia wafat di Bogor pada tahun 1804. Olivia sendiri dimakamkan di Batavia, yang mana makamnya sekarang menjadi Museum Taman Prasasti.

Di Kebun Raya Bogor sobat dapat melakukan berbagai macam kegiatan. Bila dilihat dari peta, rute pertama yang dikunjungi adalah Museum Zoologi. Museum ini letaknya berada di dekat pintu masuk utama. Disini sobat akan disuguhi dengan berbagai koleksi binatang – binatang yang sudah diawetkan. Mulai dari burung, mamalia, serangga, hingga reptil. Yang paling menarik perhatian saya adalah fosil ikan paus biru. Ikan ini merupakan jenis ikan terbesar di dunia.

Selanjutnya sobat dapat melihat teratai berukuran jumbo dari jarak dekat. Teratai tersebut tumbuh di Kolam Gunting, yang berada di ujung jalan Astrid. Dari kolam ini, sobat dapat melihat kemegahan arsitektur bangunan istana kepresidenan. Istana Kepresidenan hanya dibuka untuk umum pada waktu – waktu tertentu saja. Bila sobat beruntung, sobat dapat melihat interior di istana juga.

Selanjutnya sobat dapat berfoto di Jembatan Merah yang legendaris. Pasalnya, jembatan ini sering digunakan sebagai lokasi foto prewedding. Menurut mitos bila hanya salah satu saja dari sepasang kekasih yang melewati jembatan ini, hubungan mereka akan kandas. Ada mitos lain yang mengatakan para jombloers akan menemukan jodohnya setelah melewati jembatan ini.

Menurut saya, mitos yang kedua mungkin benar. Karena di dekat jembatan sobat akan menemui banyak orang. Kalau sobat berkenalan dengan orang yang disukai, bisa jadi berjodoh hehehe…. Jembatan ini disangga oleh kabel baja saja. Perlu diingat, jembatan ini hanya dapat menahan beban maksimal lima orang.

Di sini terdapat tanaman langka Bunga Bangkai / Raflesia Arnoldi. Bila sedang mekar bunga ini mengeluarkan bau busuk. Uniknya bunga ini hanya dapat tumbuh di hutan – hutan Asia Tenggara. Bunga Bangkai tidak memiliki tangkai dan daun. Bunga ini hanya mekar selama satu minggu, setelah itu layu dan mati. Bila bunga sedang mekar, biasanya pihak humas Kebun Raya Bogor akan menginformasikan ke seluruh pengunjung yang datang.

Di sini ada beberapa peraturan yang perlu sobat perhatikan, diantaranya:
  • Tidak diperkenankan melakukan perburuan hewan di area Kebun Raya 
  • Dilarang merusak tumbuhan
  • Mengingat usia tanaman disini yang relatif sudah tua, dilarang memanjat tumbuhan. Saat hujan, berteduhlah dibawah pohon yang tampak masih kokoh.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, agar lingkungan terjaga kebersihannya.
  • Tidak diperkenankan menangkap ikan yang ada di kolam dengan cara apapun.
  • Kendaraan roda dua dilarang masuk
  • Tidak diperkenankan berkemah di area Kebun Raya
Ada beberapa fasilitas umum yang disediakan disini diantaranya toilet dan musholla. Pihak Kebun Raya Bogor juga menyediakan minibus yang dapat sobat gunakan untuk berkeliling. Minibus akan melewati rute Jembatan Merah, Taman Mexico, Café Dedaun, dan berakhir di Tugu Lady Raffles.

Minibus ini akan langsung berangkat bila sudah terisi minimal lima orang. Minibus dilengkapi dengan pemandu perjalanan lho… Pemandu akan menceritakan ragam tumbuhan yang tumbuh disini, sejarah singkat Kebun Raya, dan masih banyak lagi.

Sudah puas berkeliling? Waktunya makan…. Bagi sobat yang belum membawa bekal makan, sobat dapat bersantap siang di Café Dedaunan. Café ini menyajikan berbagai makanan dan minuman yang bercitarasa khas Indonesia, baik tradisional maupun olahan modern.

Menu makanan disini diantaranya nasi timbel, nasi goreng, sop buntut dan steak. Menu makanan ringan diantaranya pisang goreng, pancake dan buah potong segar. Selain Café, terdapat Toko Tanaman dan Cenderamata. Sobat dapat membeli buah tangan khas Bogor bagi kerabat terdekat disini.

Saat terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari. Selain gampang mendapatkan tempat parkir, antrian pengunjung juga belum begitu padat. Anak – anak kecil dapat bermain – main tanpa khawatir akan cuaca yang akhir – akhir ini sering hujan.

Saran saya bawalah air minum, mengingat di dalam kebun hanya ada penjual ice cream saja. Gunakanlah sepatu yang nyaman digunakan dan bawalah payung, karena rute disini cukup jauh. Untuk orang tua yang membawa balita, bawalah stoller.

Sobat juga boleh membawa tikar untuk duduk – duduk santai di area taman Kebun Raya Bogor lho... Mengingat banyaknya tanaman kecil yang sangat disukai nyamuk untuk tempat bersarang, jangan lupa menggunakan lotion anti nyamuk. Last but not least, bila sobat berasal dari kota diluar Bogor kunjungilah Bogor diluar weekend, agar terhindar dari kemacetan yang berkepanjangan.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa