Langsung ke konten utama

Berenang Bersama Hiu di Rumah Apung Bangsring, Banyuwangi



Rumah Apung Bangsring patut sobat masukkan ke dalam list tempat wisata yang wajib dikunjungi, bila mampir ke Banyuwangi. Rumah Apung berukuran 27 x 7 meter ini merupakan area konservasi terumbu karang, biota laut dan ikan hiu anakan. Rumah Apung Bangsring berbentuk rumah singgah. Fasilitas yang terdapat di dalam rumah apung diantaranya 8 kolam keramba, 17 kano, 4 banana boat, beragam peralatan selam, dan toilet berjumlah 35 buah. Masing – masing keramba berukuran 3 x 3 meter.

Tempat wisata ini dikelola oleh komunitas Bangsring Underwater. Anggota komunitas terdiri dari kumpulan nelayan tradisional Banyuwangi. Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2014 silam ini berada di Dusun Krajan, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, dekat dengan kawasan Selat Bali.

Letaknya sekitar 22 km dari pusat kota Banyuwangi, Jawa Timur. Patokan lokasi Pantai Bangsring dapat dilihat dari papan nama bertuliskan “Kelompok Nelayan Samudera Bakti” di dekat jalan masuk pantai. Jika ragu, sobat dapat menanyakan arah pada warga setempat.


Untuk menuju tempat ini, kala itu saya bersama teman – teman menggunakan mobil pribadi. Rute yang kami lewati Malang – Probolinggo – Kraksan – Paiton – Besuki – Situbondo – Banyuwangi. Untuk sobat yang ingin pergi menggunakan transportasi umum, sobat dapat menggunakan bis, taksi, maupun ojek.

Taksi yang beroperasi di Banyuwangi diantaranya Taksi Ramayana, Osing dan Bosowa. Tarif taksi berdasarkan harga nego. Sedangkan ojek, dapat dipesan secara online maupun menggunakan jasa ojek yang mangkal di sekitar kawasan Stasiun Banyuwangi Baru.

Rumah Apung Bangsring terletak sekitar 20 meter dari bibir Pantai Bangsring. Sejauh ini, tiket masuk area Pantai Bangsring gratis. Biaya parkir Rp 3.000/ motor, Rp 5.000,-/ mobil. Untuk menyeberang ke Rumah Apung, sobat dapat menyewa perahu dengan ongkos Rp 5.000,- per orang.

Aktivitas yang seringkali dilakukan pengunjung disini adalah snorkeling dan diving. Bila sobat berencana untuk snorkeling atau diving, sebelum menyebrang sewalah peralatan yang dibutuhkan di area pantai. Biaya sewa peralatan snorkeling maupun diving relatif terjangkau. Nih saya rangkumkan tarifnya:

-          1 Chasing Water Proof: Rp 35.000,-
-          Sewa Camera Underwater: Rp 150.000/ unit
-          Sewa 1 set fin/ sirip: Rp 15.000,-
-          Sewa 1 set alat diving: Rp 400.000,- (khusus bagi yang memiliki lisensi diving)
-          Sewa 1 set alat diving + guide: Rp 800.000,-
-          Try diving (khusus pemula): Rp 150.000/ 15 menit
-          Perahu kano tunggal: Rp 30.000,- / 60 menit
-          Perahu kano double: Rp 40.000,- / 60 menit
-          Banana boat Rp 5.000,- per orang (PP Rumah Apung)
-          Bola air: Rp 30.000,- / pakai
-          Kursi pantai: Rp 5.000,- / 60 menit

Bagi sobat yang belum pernah snorkeling, tenang saja! Ada pemandu yang bakal ajarin sobat tentang snorkeling dari A – Z. Pemandu juga akan menunjukan spot – spot menarik untuk melihat terumbu karang.

Setelah sobat puas snorkeling dan diving, sobat dapat mencoba memberi makan ikan – ikan liar di sekitar Rumah Apung. Cukup dengan melemparkan remahan roti ke laut, dalam hitungan detik berbagai ikan kecil – kecil akan datang berebut makanan. Mau coba fish spa alami? Coba deh jepit roti di salah satu kaki sobat, lalu celupkan roti tersebut ke laut. Pasti ikan – ikan tersebut bakal mengerumuni kaki sobat.

Berenang bersama anakan ikan hiu yang di tangkar di dalam keramba adalah aktifitas favorit lainnya. Hiu – hiu kecil bersirip hitam ini relatif jinak. Namun perlu diingat untuk masuk keramba secara perlahan – lahan, sehingga tidak membuat anakan hiu kaget. Setelah berada di dalam keramba, bersikaplah tenang dan jangan membuat gerakan mendadak. Selebihnya nikmatilah kebersamaan sobat bersama hiu – hiu kecil menggemaskan tersebut.

Selain anakan ikan hiu, di dalam kolam keramba juga terdapat berbagai macam ikan hias, kerapu dan lobster. Ikan hias yang dapat sobat jumpai disini diantaranya Blue Devil, Angelfish, Botana atau Blue Teng, Ikan Badut, Ikan Scorpio, dan JorunnaParva.

Selain berwisata di area Rumah Apung, sobat dapat berkeliling di lautan Bangsring dengan menyewa perahu disel, kano, banana boat ataupun menggunakan balon air. Pengelola menyediakan tujuh perahu ukuran kecil berkapasitas 5 orang, 13 unit perahu berkapasitas 10 – 20 orang, dan beberapa perahu dengan kapasitas 50 orang.


Pengelola pantai Bangsring menawarkan kesempatan bagi sobat untuk turut berpartisipasi dalam program Marine Education. Pada program tersebut, sobat akan diajak melakukan penanaman terumbu karang. Luas area penanaman terumbu karang sekitar 15 hektar, dengan kedalaman bervariasi berkisar antara 2 – 15 meter.

Untuk berpartisipasi dalam program ini, sobat dapat membayar seiklasnya. Biaya tersebut digunakan untuk pembelian peralon (tempat mengikatkan bibit sebelum di tanam di laut) dan pembibitan terumbu karang. Program tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap kekayaan bahari Indonesia.

Saran dari saya, sebelum mengunjungi Rumah Apung, pastikan kondisi badan sedang fit. Bagi teman – teman yang mudah mabuk laut, minumlah obat anti mabuk terlebih dahulu. Dan selalu sedia obat pusing, balsam/minyak kayu putih dan obat masuk angin di dalam tas. Mengingat angin di area Rumah Apung cukup kencang dan getaran di Rumah Apung cukup kencang bila dipijak lantainya.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa