Langsung ke konten utama

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation


Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd?

Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang.

Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia.

Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar tertinggi di dunia. Gedung ini memiliki 88 lantai. Pada lantai 41 dan 42, dihubungkan dengan skybridge sepanjang 58 meter. Petronas tutup setiap hari Senin. Pada hari Selasa – Minggu buka pukul 09.00 – 21.00. Tiap hari Jumat siang tutup pukul 13.00 – 14.30.

Tiap harinya disediakan 2000 tiket gratis bagi wisatawan yang hendak melihat indahnya pemandangan dari skybridge Petronas. Berhubung yang mengincar tiket gratis ini banyak banget, untuk mendapatkannya sobat harus antri sejak pagi hari agar tidak kehabisan.

Wisatawan yang hendak naik, dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompoknya terdiri dari 20 – 30 orang. Setibanya di skybridge, tiap kelompok hanya diberi waktu sekitar 5 menit. Disini sobat dapat menikmati keindahan Malaysia dari ketinggian, ataupun untuk mengabadikan momen disini bersama kerabat tercinta. Maklum lah, banyak yang antri dibawah….


Dibawah gedung kembar yang berlapiskan kaca ini, terdapat home base Malaysian Philharmonik Orchestra dan Mall Suria KLCC yang sangat luas. Disekitarnya terdapat jogging track, serta area bermain anak. Terdapat pula kolam air mancur yang biasanya digunakan untuk light show. Dari area kolam air mancur inilah biasanya wisatawan mengabadikan momennya di Menara Petronas. Why? Karena disini sobat dapat memfoto Menara Petronas secara keseluruhan dari ujung tanah ke ujung puncak gedungnya.


Tak jauh dari Menara Petronas, terdapat KL Tower. Sobat dapat menambahkannya pada list kunjungan setelah mengunjungi Menara Petronas. By the way tepat di depan halaman luar Menara Petronas terdapat halte bus, serta banyak taxi maupun angkutan umum lainnya yang hilir mudik lewat. Bagi sobat yang tidak memiliki kendaraan pribadi, gak perlu khawatir sangat mudah untuk mendapatkan transportasi umum disini.


Sekian catatan perjalanan saya di Menara Petronas, Malaysia. Baca juga review tempat wisata lainnya di Malaysia yang tak kalah seru tentunya…
- Debora











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa