Langsung ke konten utama

Enjoy Every Moment In Labirin, Batu



Dulu saat saya melihat film Alice In Wonderland, pingin banget deh rasanya ikutan bermain, berlari – larian bersama teman – teman di antara dinding Labirin seperti Alice. Sebelum tahu keberadaan tempat ini, saya kira Labirin semacam ini hanya dapat ditemukan di luar negeri. Siapa sangka ternyata di Batu, Malang juga ada Labirin sekeren lokasi shooting Alice In Wonderland.

Labirin berada satu kawasan dengan Coban Rondo yang terletak di Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur. Buat kalian yang ngaku pecinta alam asli Ngalam, sudah pasti gak asing lagi dong dengan nama Coban Rondo? Lokasinya berada didekat perbatasan kota Batu, dekat area Payung. Tidak jauh dari pertigaan, dengan patung sapi yang berukuran besar ditengahnya.

Buat kalian yang ingin ke Labirin Coban Rondo menggunakan transportasi umum, nih saya rangkumkan jalur angkutan umumnya (angkutan kota/ bus/ ojek):

-    Bila berangkat dari arah Malang, pilihlah angkutan kota yang menuju ke arah Terminal Landungsari seperti: LG, GL, LDG, AL, GML, dsb.
-      Setibanya di terminal, naiklah bis rute Malang – Kediri atau Malang – Jombang. Katakan pada supir bahwa anda akan turun di pertigaan Coban Rondo ( yang ada patung sapinya)
-      Setibanya di pertigaan Coban Rondo, naiklah ojek. Jarak tempuh ke Coban Rondo sekitar 4km dari situ.

Labirin yang sudah berdiri kokoh sejak tahun 2014 ini, letaknya tak begitu jauh dari pintu masuk Coban Rondo. Tiap harinya Labirin buka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Harga tiket Coban Rondo Rp 15.000 per orang (domestik), Rp 25.000 per orang (mancanegara). Harga tiket masuk Labirin Rp 10.000 per orang. Harga parkir motor Rp 2.000, harga parkir mobil Rp 4.000, harga parkir bus, truk atau kendaraan beroda enam atau lebih Rp 6.000.



Sejauh mata memandang, area di sekitar Coban Rondo dan Labirin dipenuhi dengan berbagai tumbuhan hijau. Udaranya sangat sejuk. Hamparan tumbuhan hijau yang saya lihat, dapat menghilangkan rasa penat dalam waktu sekejab mata. Tak heran, banyak wisatawan yang betah berlama – lamaan disini.

Area parkirnya cukup luas. Di sekitar area parkir Labirin, ada yang menjajakan makanan burung.  Bila anda beruntung, anda dapat berfoto sambil memberi makan burung merpati yang sedang beterbangan disekitar area. Selain itu, di jam – jam tertentu ada pedagang yang menjajakan wortel. Wortel tersebut digunakan untuk makanan rusa, tarif Rp 5.000 per gelas plastik. Anda juga dapat berfoto sambil memberi makan rusa tarif Rp 5.000 per orang.

Tinggi dinding labirin sekitar 2 meter. Sedangkan luas area Labirin 60 meter x 40 meter. Walaupun area taman Labirin tidak begitu luas, namun banyak pengunjung yang kebingungan untuk menemukan jalan keluar dari Labirin lho... Ada jalan yang berputar – putar, dibeberapa titik juga terdapat jalan buntu.

Eits gak perlu khawatir, di dekat pintu masuk Labirin terdapat menara pantau yang cukup tinggi. Dari menara pantau, anda dapat melihat seluruh area labirin dari atas. Biasanya salah seorang dari anggota rombongan ditugasi berjaga di menara untuk memberikan arahan kepada teman – teman yang ada di area Labirin. Sedangkan salah seorang yang berada di area Labirin membawa payung dengan warna tertentu untuk memudahkan pengintai menara untuk menemukan lokasi teman – temannya yang berada di dalam lajur Labirin. Saran saya, pilihlah temen yang jago fotografi sebagai pengintai menara. Selain dapat menunjukan jalan keluar, sekalian bisa fotoin dari atas, hehehe…



Titik start ada 2, yang pertama terdapat di sebelah kiri menara pantau, sedangkan yang kedua terdapat di lajur sebelah kanan menara pantau. Dibagian tengah labirin terdapat kolam dan air mancur yang menjadi titik finish. Di sekitar kolam, terdapat beberapa tempat duduk yang dapat anda gunakan untuk beristirahat sejenak. Pemandangan di area air mancur oke juga buat selfie. Bila anda ingin beradu kecepatan mencapai titik finish, buatlah dua tim. Tim pertama melewati rute sebelah kiri, sedangkan tim lainnya melewati rute sebelah kanan.

Di hari – hari tertentu, pengelola Labirin merubah lajur Labirin. Hal itu dapat anda perhatikan dari foto – foto Labirin Coban Rondo yang tersebar di berbagai social media. Dengan adanya inovasi tersebut, pengunjung yang berkunjung lebih dari satu kali akan tetap mendapatkan sensasi penasaran yang sama, seperti saat pertama kali memasuki Labirin. Hampir seluruh pengunjung datang berpasangan ataupun beramai – ramai bersama kerabat terdekat. Berani gak masuk ke Labirin sendirian?

Labirin tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal, namun juga banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Bila dilihat dari jumlah traffic pengunjung via Google Review, kunjungan terpadat jatuh pada hari Jumat. Bila anda ingin suasana yang agak tenang, datanglah pada awal pekan.

Selain Labirin, disini juga terdapat berbagai permainan yang dapat anda jajal untuk memacu adrenalin anda. Berikut tarif lengkap dari berbagai permainan yang ada di Coban Rondo:

-          Panahan: Rp 5.000 /5 anak panah
-          Shooting Target: 15.000 /5 butir
-          Berkuda: Rp 15.000 / putaran
-          ATV: Rp 30.000 / 2 putaran
-          Segway: Rp 30.000 / 2 putaran
-          Paint Ball: 3 on 3 (6 orang) 150 peluru Rp 450.000, 3 on 3 (6 orang) 300 peluru: Rp 750.000
-          Sepeda Gunung: Rp 5.000 /orang
-          Sepeda Gunung Tandem: Rp 10.000 /2 orang
-          Kereta Kelinci: Rp 5.000
-          Flying Fox: Rp 30.000
-          Memberi Makan Ikan: Rp 5.000
-          Wisata Alam Treewalk: Rp 50.000
-          Fun Tubing: Rp 35.000
-          Playground: Rp 10.000
-          Wisata Toga: Rp 5.000 (bonus 2 bibit toga)
-          Api Unggun: Rp 200.000
-          Outbond: Hubungi operator
(Data Desember 2016)

Fasilitas umum yang dapat digunakan di area sekitar Coban Rondo antara lain mushola, beberapa gazebo, toilet, dan ruang ganti yang dapat digunakan khususnya bagi anda yang hendak melakukan sesi pemotretan disini.



Bila sudah puas berkeliling di area Labirin, anda dapat melanjutkan perjalanan anda menuju ke air terjun Coban Rondo. Jaraknya hanya beberapa ratus meter dari Labirin. Perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil maupun motor. Di area air terjun Coban Rondo, terdapat banyak warung makan yang menjajakan jagung bakar. Harganya berkisar mulai dari Rp 5.000. Selain itu, mereka biasanya juga menjual bakso, mie rebus atau goreng, aneka gorengan serta berbagai makanan khas warteg. Anda juga dapat membeli berbagai cindera mata seperti gantungan kunci, asbak, berbagai aksesoris untuk mempercantik interior rumah, hingga pakaian.

Sekian review saya untuk edisi perjalanan kali ini. Terimakasih my dearest Stefanie, kakak Wellyco dan kakak Edu yang sudah mengajak berkeliling di Coban Rondo. Nantikan review tempat – tempat wisata menarik lainnya…
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa