Langsung ke konten utama

Indahnya Kerlipan Cahaya Lampu di Paralayang, Batu



Paralayang merupakan olahraga udara menggunakan parasut. Lewat paralayang, kita dapat menikmati indahnya pemandangan alam dari udara. Olahraga ini memang tidak selalu dapat dijumpai di semua wilayah Indonesia, karena tarifnya yang relatif tinggi. Di daerah Batu Malang, Paralayang bukan hanya merupakan nama cabang olahraga saja, namun juga merupakan nama suatu objek wisata. Nama tersebut diambil dari nama olahraga paralayang. Di Paralayang, Batu selain dapat mengadu adrenalin dengan mencoba permainan paralayang, pengunjung juga dapat berwisata kuliner ataupun sekedar duduk – duduk santai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Paralayang terletak di Jalan Songgokerto, Batu. Tempat ini lokasinya bersebelahan dengan Omah Kayu.

Tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, terlebih saat weekend maupun peak season. Untuk menuju tempat wisata ini, anda dapat menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi. Sarana jalan menuju ke Paralayang masih beralaskan tanah berbatu. Bila anda mengunjungi tempat ini pada musim hujan, anda harus ekstra berhati – hati, karena jalanan sangat berlumpur, licin dan berkelok - kelok. Terlebih lagi tidak semua jalanan di daerah Paralayang di fasilitasi dengan penerangan lampu yang memadai.



Sebelum mencoba olahraga satu ini, pastikan anda sedang dalam kondisi yang sehat. Bila anda belum dapat mengemudikan paralayang sendirian, anda dapat ditemani instruktur ataupun teman yang sudah mahir bermain paralayang. Biaya untuk naik paralayang beragam, berikut ini rangkumannya:

1.      Paket A Basic Tandem
Rp 350.000,- per orang. Meeting point at take off area (daerah Songgoriti), tandem, 8x softcopy photos (preparing and take off)
2.      Paket B Medium Tandem
Rp 400.000,- per orang. Pick up at basecamp Ayokitakemon atau di area Batu (daerah gunung Banyak), tandem, welcome drink snack, 8 softcopy photos (preparing and take off), delivery to the meeting point.
3.      Paket C Advanced Tandem
Rp 450.000,- per orang. Pick up at basecamp ayokitakemon atau di area Batu, tandem, welcome drink snack, 12 softcopy photos (preparing and take off air borne), sticker Ayokitakemon Paragliding, pin Paragliding, mini poster, delivery to the meeting point.
4.      Paket D Premium Tandem
Rp 500.000,- per orang. Pick up at basecamp ayokitakemon atau di area Batu, tandem, welcome drink snack, 12 softcopy photos (preparing and take off air borne), sticker Ayokitakemon Paragliding, pin Paragliding, mini poster, delivery to the meeting point.

Bila anda ingin terbang lebih lama, anda dapat memberikan uang tambahan kepada instruktur paralayang. Biaya tiket masuk Rp 5.000,- per orang, biaya parkir motor Rp 5.000,-. Jika anda ingin berlatih bermain paralayang, anda dapat mengikuti kelas khusus dengan biaya yang dapat anda tanyakan langsung ke instruktur yang bersangkutan. Paralayang buka pukul 07.00 – 04.00 WIB.

Saat malam hari, anda dapat melihat indahnya kerlipan lampu – lampu kota Malang dari atas gunung Banyak. Pemandangan tersebut tampak begitu romantis dan sangat cocok dinikmati bersama pacar, maupun orang – orang terdekat. Namun pemandangan tersebut dapat anda lihat hanya bila gunung tidak tertutup kabut. Selain udaranya yang sangat sejuk, paralayang juga memiliki banyak warung makan yang menjajakan makanan khas Malang. Harga yang ditawarkanpun relatif terjangkau. Minuman hangat seperti susu, jahe, jeruk Rp 5.000,- per gelasnya, sedangkan bakso, sate ayam, rica – rica ayam / mentok dibandrol dengan harga Rp 15.000,- per porsi (sudah termasuk nasi).



Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, gunakanlah pakaian tebal, kaus kaki dan sepatu kets. Pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi yang baik, mengingat tidak ada bengkel di sekitar daerah Paralayang. Sebelum naik ke puncak, mampirlah ke toilet terlebih dahulu, karena air di paralayang tidak selalu lancar.

            Sekian review kali ini, baca juga review tentang Omah Kayu, Batu di link berikut:
http://deborasetiawatisudono.blogspot.co.id/2017/09/escape-omah-kayu-batu.html

- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa