Langsung ke konten utama

Belajar Anatomi Tubuh Manusia di Museum Tubuh


The Bagong Adventure yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Tubuh adalah museum unik yang lokasinya terletak di Jalan Kartika No. 2, Batu, Malang. Museum ini merupakan museum tubuh manusia pertama di Indonesia yang juga terbesar di kawasan Asia. Museum ini terletak dikawasan yang sama dengan Jatim Park 1. Museum Tubuh dibangun di atas lahan seluas 1 hm, yang terdiri dari 6 lantai. Tiap lantainya dilengkapi dengan lift.


Eksterior Museum Tubuh berbentuk bagong (salah satu tokoh dalam cerita pewayangan Jawa) yang sedang membuka mulutnya lebar – lebar. Pintu masuk Museum Tubuh menyerupai bentuk mulut manusia. Diantara empat sekawan Bagong, Semar, Petruk dan Gareng, Bagong yang dipilih untuk mewakili Museum Tubuh karena Bagong memiliki filosofi Pintar, cerdik dan lucu.

Di area pintu masuk utama, loket dan café gigi akan penyambut anda. Seperti namanya, semua bangku yang ada di café gigi berbentuk seperti gigi manusia. Loket pembayarannya menyerupai bentuk mulut. Café gigi menyajikan berbagai makanan dan minuman sehat.


Menurut saya museum ini total banget. Bagaimana tidak, tidak hanya warna, tekstur seluruh interior yang ada di dalam Museum Tubuh didesain sangat mirip dengan bentuk organ tubuh manusia. Disetiap ruangan, disediakan berbagai simulasi media elektronik mulai dari televisi yang berisi video pendek hingga headset, dan berbagai alat peraga lainnya untuk mendukung zona didalamnya. 

Interior Museum Tubuh di dominasi dengan warna merah, yang dikondisikan sesuai dengan tubuh manusia yang keseluruhannya dialiri darah. Hal tersebut membuat pengunjung yang datang seolah – olah sedang berada di dalam tubuh manusia. Museum Tubuh dibagi menjadi zona otak, zona gigi, zona mata, zona telinga, zona mulut, zona hidung, zona tulang, zona jantung, zona hati, zona paru – paru, zona usus besar, zona usus halus, zona lambung, pembuluh darah dan zona ginjal. Ada pula ruang pengetahuan tambahan seputar tubuh manusia dan cinema 3D. Harga tiket masuk Rp 40.000,- per orang (weekday) dan Rp 60.000,- per orang (weekend dan high season). Museum Tubuh buka setiap harinya pukul 08.30 – 16.30.


Disetiap ruangan terdapat sedikitnya satu orang guide. Mereka akan menjelaskan secara terperinci mengenai fungsi organ tubuh, berbagai macam penyakit pada organ tubuh tersebut dan penyebabnya, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga bebas melakukan interaksi bertanya jawab bila ada penjelasan yang kurang jelas. Durasi kunjungan pengunjung pada setiap zona dibatasi kurang lebih 10 menit.
Selain sebagai sarana edukasi dan tempat wisata, di lantai 6 pengunjung juga mendapatkan fasilitas tambahan checkup dan konsultasi gratis. Check up kesehatan meliputi:
-         -    Cek tinggi dan berat badan
-         -    Cek darah: tekanan darah, golongan darah, kolestrol, asam urat, gula darah, lemak tubuh
-          - Osteoporosis
-        -     Pemeriksaan mata
Setiap pengunjung dapat memilih dua dari berbagai cek darah yang disediakan. Tentunya cek kesehatan dan konsultasi kesehatan disini ditangani oleh pihak medis yang ahli dibidangnya.

Informasi terakhir dari saya yang tidak kalah menariknya dari informasi sebelumnya. Di Museum Tubuh anda dapat melihat cadaver. Cadaver adalah pajangan jenazah manusia yang diawetkan melalui proses plastinasi yang digunakan untuk sarana pembelajaran anatomi tubuh manusia. Pada proses plastinasi, kandungan air dan lemak tubuh diganti dengan bahan khusus yang membuat jenazah manusia tidak berbau, tidak berbusuk dan dapat mempertahankan sebagian besar bentuk aslinya. Di ruangan cadaver pengunjung dilarang mengambil gambar. Waktu kunjungan dibatasi 10 menit per 10 orang. Hanya ada dua museum di seluruh dunia yang menyediakan cadaver, dan salah satunya ada di Batu, Malang, Indonesia. Tambah bangga kan jadi orang Indonesia…

Di dekat pintu keluar, terdapat poster raksasa yang bertuliskan ”Jagalah pabrik anda, karena ia adalah aset berharga milik anda seorang dan satu - satunya” yang selalu menghimbau setiap pengunjung Museum Tubuh untuk senantiasa menjaga kesehatan.

Hal yang paling saya suka di Museum Tubuh adalah ruangan tempat berfoto yang menyerupai ruang operasi. Ruangan tersebut dilengkapi dengan jas dokter, lampu bedah, dan meja konsultasi pasien. Serasa jadi dokter bedah sungguhan, hehehe… 


Dengan adanya Museum Tubuh, siswa lebih mudah dalam memvisualisasikan bentuk – bentuk organ tubuh manusia. Terutama untuk meningkatkan pengetahuan yang menunjang mata pelajaran biologi. Tak heran bila sebagian besar pengunjung Museum Tubuh adalah anak – anak.
- Debora


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa