Langsung ke konten utama

China Town Malaysia, Aneka Oleh – Oleh Murah Meriah


Membeli oleh – oleh seolah menjadi salah satu hal wajib yang selalu ada di dalam to do list kita, saat melakukan perjalanan di tempat tertentu. China Town recommended banget nih untuk sobat yang hendak berbelanja oleh – oleh. Pasar bergaya arsitektur China Kuno ini terletak di Petaling Street.

China Town dikelilingi dengan bangunan kuno yang sudah berdiri sejak tahun 1900an. Sebut saja Sri Maha Mariammam Temple, the Old High Street Police Station, Lee Rubber Building, The Old Victoria Institution, Kwong Siew Association, dll.

Pedagang di tempat ini didominasi oleh warga keturunan Tionghua dan Arab. Tempat ini selalu tampak ramai dipadati pembeli mulai pagi hingga malam hari. Dengan jam oprasional pukul 10.00 – 22.00.

Untuk menuju tempat ini sobat dapat menggunakan bus jalur B112 atau B115. Jarak antara parkiran mini bus kami dan China Town lumayan jauh. Jarak tempuh dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari parkiran.
Saat pertama kali menginjakan kaki disini, aku dan rombongan disambut dengan harumnya kacang panggang yang dipanaskan diatas pemanggang tungku arang putar (seperti pemanggang kacang yang biasanya aku jumpai di film Thailand). Berbagai tas – tas branded imitasi juga tampak malu – malu menyapa kami dari kejauhan.

Disini, sobat dapat berbelanja berbagai macam oleh – oleh untuk sanak saudara. Mulai dari pakaian, aksesoris, mainan anak, hingga kuliner lezat (terutama Chinese Food). Nih aku rangkumin referensi oleh – oleh yang paling banyak dibeli di China Town:
1.      Kaos Malaysia
2.      Gantungan Kunci / Magnet Lemari Es / Penggunting Kuku Malaysia
3.      Cokelat Malaysia
4.      Miniatur Menara Petronas
5.      Tas Malaysia

Harga gantungan kunci per buah bila dirupiahkan mulai dari Rp 3.000,- Harga dress panjang Rp 90.000,- Sedangkan harga kaos Rp 45.000,- hingga 85.000. Harga didasarkan pada ukuran dan jenis kain. Semakin berkualitas bahan kaos dan semakin besar ukurannya, harga kaos dijual semakin mahal.

Untuk camilan, makanan yang paling menarik perhatianku adalah tempura. Dibandingkan dengan tempura yang dijual di pedagang kaki lima di Indonesia, ukuran tempura disini tergolong besar. Harga satu tempura Rp 6.000,- Variasi bentuk dan rasanya beragam. Namun lebih didominasi dengan tempura berbahan dasar seafood.

Walaupun harga yang dibandrol tergolong murah, namun sobat tetap harus pintar – pintar melakukan penawaran harga. Agar dapat mendapatkan harga terbaik. Barang yang ditempeli label harga sekalipun, dapat sobat tawar harganya.

Bila sobat fasih menggunakan bahasa Mandarin /Melayu /Arab, gunakanlah salah satu bahasa tersebut saat melakukan tawar – menawar harga, agar dapat mendapatkan harga lebih miring. Saat berbelanja tetap waspada dengan barang bawaan sobat, terutama ditengah keramaian. Banyak pencopet yang mengintai barang bawaan sobat.

Saran saya untuk sobat yang ingin berbelanja disini, gunakan pakaian berbahan katun. Karena udara cukup padas, dan pengunjungnya cukup padat. Gunakan pula flat shoes yang nyaman dipakai untuk berjalan di area pasar.

Sekian reviewku di China Town. Terus ikuti perjalanan wisataku di Malaysia maupun negara lain yang tidak kalah menariknya.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa