Langsung ke konten utama

Mengenal Satwa Jatim Park 2 Secret Zoo, Batu



Jatim Park 2 (JP2) merupakan salah satu tempat rekreasi dan taman belajar yang terkemuka di Batu, Malang. JP2 terletak di Jalan Raya Oro – Oro Ombo No. 9, Batu, Jawa Timur. JP2 tiap harinya buka mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Tempat ini selalu ramai dipadati pengunjung, pada weekday terlebih weekend. Tempat ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara. JP2 berjarak sekitar 750m dari JP1.

Harga tiket masuk weekday Rp 75.000 per orang (Museum Satwa dan Secret Zoo), Rp 95.000,- untuk 3 objek (Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park atau Museum Bagong). Sedangkan pada weekend harga tiket masuk dibandrol mulai dari Rp 105.000 (Museum Satwa dan Secret Zoo), dan Rp 125.000 untuk 3 objek wisata (Museum Satwa, Secret Zoo, dan Eco Green Park atau Museum Bagong). Anak – anak dengan tinggi diatas 85 cm harus membayar tiket penuh. 



JP2 memiliki konsep wahana yang berbeda dengan JP1. Bila JP1 lebih mengedepankan wisata untuk taman bermain, JP2 mengkombinasikan antara tempat belajar dan bermain. Disini, anda dapat melihat beraneka satwa asli Indonesia, hingga satwa dari berbagai negara di dunia. Termasuk satwa langka asal Madagaskar ada disini lho…

 Arsitektur bangunan JP2 yang sangat unik membuat banyak pengunjung sering mengabadikan momennya disini. Tak hanya itu, banyak pula calon pasangan pengantin yang melakukan sesi prewedding disini. Beberapa waktu yang lalu, tempat ini juga digunakan sebagai latar pembuatan iklan produk salah satu brand susu terkemuka di Indonesia.

Area JP2 dibagi menjadi tiga area utama, yaitu Museum Satwa, Secret Zoo, dan Hotel Pohon Inn. Banyaknya permainan dan koleksi binatang disini, membuat pengunjung banyak yang memilih untuk membeli tiket paket dua hari. Selain lebih hemat, pengunjung juga dapat memaksimalkan waktu kunjungan.



Pertama – tama saya akan mengajak anda ke Museum Satwa. Eksterior bangunannya menyerupai bangunan romawi kuno, lengkap dengan pilar – pilar besarnya yang sangat khas. Disini, anda akan menyaksikan berbagai macam binatang dari berbagai negara yang telah diawetkan. Sebut saja binatang dari benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika.

Museum Satwa didirikan dengan tujuan sebagai lembaga konservasi Ex-Situ Satwa Liar. Seluruh satwa awetan diperoleh bukan dengan cara sengaja diburu, melainkan berasal dari satwa yang telah mati saja. Replika favorite saya adalah replika rangka tulang dinosaurus yang menjulang tinggi di dekat pintu masuk Museum Satwa. Berasa di Jurassic Park, hehehe…



Selanjutnya, saya akan mengajak anda ke Secret Zoo. Disini anda dapat melihat berbagai hewan cantik dengan berbagai keunikannya, dari jarak yang sangat dekat. Anda juga dapat bermain di berbagai wahana permainan yang tersebar di berbagai titik yang ada di Secret Zoo. Berikut saya rangkumkan wahana permainan terfavorit versi saya, yang recommended untuk anda:
Animal Coaster, New Safari Farm, Safari Car, Naik Unta, Jelajah 5 Benua, Junior Farm, Shark Coaster, dan Tsunami.

Saya sudah pernah mengunjungi tempat ini lebih dari lima kali. Setiap kali saya kesini, pihak JP2 selalu melakukan inovasi. Mulai dari update koleksi satwa, hingga penambahan maupun pengembangan area permainan baru. Two thumbs up deh buat pihak JP2. 

By the way JP2 lokasinya menyatu dengan Hotel Pohon Inn. Hotel ini tergolong unik karena eksterior bangunannya menyerupai bentuk pohon. Interior kamarnya juga mengusung konsep serupa. Pada tanggal merah biasanya sangat susah untuk mencari kamar kosong di hotel ini, karena pengunjung seringkali sudah memesan kamar jauh – jauh hari sebelumnya. Bila anda ingin singgah dan merasakan pengalaman bermalam tak terlupakan di hotel ini, anda dapat melakukan reservasi di hotel maupun via online.

JP2 dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang sangat terjaga kebersihannya. Toilet umum terdapat pada berbagai titik. Di dekat pintu masuk Eco Green Park juga terdapat sebuah masjid yang dapat anda pergunakan untuk beribadah. Area parkir yang disediakanpun luas.



 Bila dilihat secara seksama pada area parkiran, selain tampak jajaran motor dan mobil, banyak pula bis pariwisata yang singgah di tempat ini. Ada dua area parkir disini. Yang pertama ada di depan Museum Satwa dan Hotel Pohon Inn. Yang kedua berada di depan pintu masuk Eco Green Park. Harga tiket parkir motor Rp 2.000,00,- sedangkan mobil Rp 5.000,00-.

Karena sebagian besar arena di JP2 berkonsep outdoor, saya sarankan untuk berwisata disini saat cuaca cerah. Gunakanlah flat shoes atau alas sepatu yang nyaman dikenakan untuk perjalanan jarak jauh. Mengingat jarak tempuh area yang lumayan panjang. Gunakanlah jaket dan tabir surya, untuk melindungi kulit anda dari sengatan panas matahari. Sebelum membeli tiket, bertanyalah ke petugas loket apakah ada program promo bila membeli menggunakan kartu kredit, atau bila menunjukan boarding pass tiket pesawat maskapai tertentu.

Bila anda berencana untuk berkunjung ke JP2 sekaligus ke Eco Green Park, saya sarankan untuk mengunjungi Eco Green Park terlebih dahulu. Mengingat Eco Green Park jam kunjungannya hanya hingga pukul 16.00 WIB.

- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa