Langsung ke konten utama

Gardens By The Bay Singapore, City In A Garden


Gardens By The Bay memiliki koleksi tanaman dari berbagai penjuru dunia. Taman ini mewakili image Singapure “city in a garden”. Berbeda dengan taman kota yang umumnya ditata sealangkadarnya, taman ini didirikan dengan konsep yang sangat apik. Gardens By The Bay berhasil menjadi magnet pengunjung, dan membuat saya berdecak kagum. Di sini terdapat beberapa spot menarik, diantaranya:


Could Forest
Air terjun buatan setinggi 35 meter di dalam gedung bertingkat. Udara di sekitar Could forest terasa lebih dingin, karena kencangnya hembusan angin dari air terjun tersebut. Disini sobat dapat menjelajahi lantai satu ke lantai selanjutnya, serta berjalan – jalan di jembatan gantung. Pada jam – jam tertentu, Could Forest mengeluarkan efek buatan berupa kabut. Hal tersebut makin menambah kesan seolah – olah sobat sedang berada ditengah hutan. Buka pukul 09.00 – 21.00, tiket trakhir dijual pukul 20.00.

Flower Dome
Seperti namanya flower dome adalah sebuah kubah yang berhiaskan bunga – bunga nan rupawan. Penataan bunga di Flower dome divariasi sesuai tema – tema tertentu. Satu hal yang tidak pernah berubah dari Flower Dome adalah pohon Baobab raksasa. Buka pukul 09.00 – 21.00, tiket trakhir dijual pukul 20.00.

Supertree Grove
Supertree Grove itu apaan sih? Itu tuuhh… pohon raksasa dengan penampakan seperti pohon fiktif yang ada di film Avatar. Supertree merupakan icon Garden By The Bay, yang dapat dengan mudah sobat temukan di search engine. Supertree terbentuk dari kumpulan tanaman yang disusun vertical menyerupai pohon. Tingginya sekitar 25 – 50 meter. Menurut informasi, jumlahnya ada sekitar 18 pohon. Pada malam hari, lampu – lampu hias di pohon akan menyala, sehingga supertree grove terlihat sangat atraktif.

Selain indah dipandang, kanopi supertree berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga surya, pengumpul air hujan, serta menyerap panas. Dibawah supertree terdapat bangku – bangku panjang yang dapat sobat gunakan untuk tempat duduk santai bersama kerabat terdekat.

OCBC Skyway
Pengunjung dapat naik ke salah satu supertree menggunakan lift. Diatas, ada jembatan yang menghubungkan antara supertree yang satu dengan lainnya. Bila diamati dengan seksama, jembatan ini ternyata dikaitkan diatas dahan pohon yang kokoh. Tak heran, bila jumlah pengunjung membludak, jembatan terasa agak bergoyang. Buka pukul 09.00 – 21.00, tiket terakhir dijual pukul 20.00.


Spot yang ada di Gardens By The Bay ada yang gratis, ada pulang yang berbayar. Nih aku rangkumkan tempat – tempat yang dapat sobat kunjungi secara cuma - cuma:

-       The OCBC Garden Rhapsody
Pertunjukan musik orchestra berpadu dengan dentingan angklung, diterangi cahaya gemerlap Supertree dapat sobat saksikan tiap malam. Pertunjukan diadakan dua kali, pukul 19.45 dan 20.45, pastikan hadir tepat waktu.

-       Far East Organization Children’s Garden
Area air ini seru banget untuk tempat bermain anak – anak kecil. Banyak mainan yang dapat sobat mainkan diantaranya treehouse, suspension bridge, spider nest, dan pancuran air. Disini anak – anak dapat bermain air sambil lari berkejar – kejaran. Hari Selasa – Jumat buka pukul 10.00 – 19.00. Sedangkan weekend buka pukul 09.00 – 21.00.

-        Sun Pavillion
Berupa taman tematik yang ditumbuhi kaktus raksasa. Tiap harinya buka pukul 05.00 – 02.00.


Bagi sobat yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang dapat sobat pilih untuk menuju Gardens By The Bay sebagai berikut:
  • MRT jalur Circle Line/Downtown Line à stasiun Bayfront (CE/DT16), ambil Exit B à Dragonfly Bridge / Meadow Bridge à Gardens By The Bay.
  • MRT jalur East – West Line à stasiun Tanjong Pagar (EW15), ambil exit C à halte bis 03223 di International Plaza, Anson Road à naik bis no. 400, turun di bus stop 03371, Marina Gardens Drive. Berjalanlah melalui Helix Bridge kearah ArtScience Museum, Ikuti jalur pejalan kaki waterfront à Gardens By The Bay.
  • Marina Bay Sands à Lions Bridge di lantai 6 (buka pukul 08.00 – 23.00) à Dragonfly Bridge à Gardens By The Bay.

Sekian review mengenai Gardens By The Bay. Baca pula review tentang berbagai tempat menarik lainnya di Singapore. Simak juga review tentang berbagai tempat wisata lainnya yang tidak kalah menariknya.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa