Langsung ke konten utama

Berakhir Pekan Di Orchard Road, Singapore

Singapore adalah satu dari sekian negara yang paling ingin aku kunjungi. Why? Karena menurutku negara yang biasa disebut Lion City ini menginspirasi banget. Walaupun ukurannya minimalis, namun Singapore dapat menjadi negara maju yang menjadi salah satu jujugan utama orang – orang di kawasan Asia, khususnya Indonesia saat liburan tiba.

Selain itu negara ini juga aman banget, dimana – mana ada CCTV. Seorang teman pernah berkata padaku, bila seorang wanita melakukan perjalanan malam seorang diri disini, kondisinya akan tetap kondusif. Karena entah pagi, siang, maupun malam Singapore selalu ramai pengunjung.

Hal lain yang membuatku tambah penasaran mengunjungi Singapore adalah konservasi alam dan tempat wisatanya yang beragam dan modern. Beberapa tahun belakangan, aku juga mendapat berbagai buah tangan dari Singapore. Mulai dari coklat, celengan berbentuk Marlion, buku, gantungan kunci, kaos maupun pembatas buku. Hal – hal tersebut semakin membulatkan tekadku untuk berkunjung kesana.

Setelah sekian lama menabung, akhirnya aku mendapat kesempatan untuk berakhir pekan di Singapore. Senaaangggg sekaliiii rasanya….. akhirnya mimpiku untuk berwisata kesini menjadi kenyataan. Singapore menjadi negara pertama yang aku kunjungi, setelah Indonesia.

Pada perjalanan kali ini aku pergi bersama 15 orang temanku. Orchard Road menjadi jujugan pertama kami. Udah pada tau Orchard Road belum??? Itu tuh… taman yang ada patung Marlion’nya (Icon Singapore berbentuk patung air mancur berkepala singa, berbadan ikan duyung). Yang hobby bermain sosmed pasti pada tau dong….

Orchard Road luasnya sekitar 2,2 Km. Biasanya turis maupun warga lokal menghabiskan akhir pekan disini. Aktivitas yang dapat sobat lakukan disini beragam. Mulai dari selfie di sepanjang jalan Orchard Road, jogging, berbelanja, hingga sun bathing.

Sekilas pandang, hal pertama yang membuat aku terkesan dengan kawasan ini adalah tata letak ruang kotanya. Taman yang asri, berpadu apik dengan gedung – gedung megah dan lautan dengan air yang jernih, instagramable banget!!!

Orchard Road dikelilingi dengan gedung – gedung pencakar langit yang super megah seperti Plasa Singapura, Hotel Mandarin, Tanglin Shopping Centre, ION Orchard, Orchard Central, Asia Ancient Gallery, dll. Berbagai barang dapat sobat beli disini. Mulai dari pakaian, barang etnik, perhiasan hingga berbagai perabot kebutuhan rumah tangga semuanya ada!!!

Merk – merk kenamaan yang dapat sobat jumpai disini diantaranya Prada, Louis Vuitton, Topshop, hingga Armani Exchange. Konon, barang – barang branded tersebut dapat sobat miliki dengan harga miring. Khusus untuk produk fashion, pada tanggal – tanggal tertentu sobat juga dapat memperoleh diskon besar – besaran. Tak heran Singapore dikenal sebagai surga bagi para Shopaholic.

Bagi sobat yang suka banget dengan budaya Jepang, sobat dapat memilih – milih buku mengenai Jepang yang berjumlah hampir setengah juta buku di Kinokuniya. Untuk berbelanja aksesoris ataupun pakaian bergaya Japanese, sobat dapat mengunjungi departemen store Takashimaya.

Disepanjang Orchard Road hanya sedikit pedagang kaki lima yang berjualan. Karenanya tak heran pedagang yang menjajakan makanan disini laris manis diserbu oleh pengunjung. Salah satunya penjual Es Potong. Mau beli es sepotong antrinya hingga 45 menit. T.T

Gak sabar lama mengantri? Untuk mengisi perut yang mulai keroncongan, sobat dapat menjajal makanan yang dijual di deretan café – café yang ada di ujung persimpangan jalan. Salah satunya Toast Junction.

Sebagai sarana komunikasi, sobat dapat menggunakan bahasa Inggris dan Mandarin. Beberapa orang juga dapat berbicara menggunakan bahasa Melayu. Sedangkan mata uang yang digunakan untuk transaksi jual beli berupa SGD dan USD. Bagi sobat yang tidak memiliki alat transportasi pribadi, dapat menggunakan MRT dan Bus. Keduanya sama – sama berlabuh di Stasiun Orchard. Sedangkan transportasi jarak dekat untuk mengelilingi Orchard Road, sobat dapat menggunakan becak.

Sekian review mengenai Orchard Road, baca juga artikel perjalananku lainnya di Singapore. Tak lupa ku ucapkan Minal Aidin wal Faizin untuk teman – teman yang merayakan Idul Fitri. Have a nice holiday ^^
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa