Langsung ke konten utama

Hunting Oleh – Oleh di Dagadu, Yogyakarta


PT. ASELI DAGADU DJOKDJA yang lebih dikenal dengan nama Dagadu adalah salah satu pusat oleh – oleh yang hits banget di Indonesia. Kata Dagadu diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti “matamu”. Eitsss, bukan mengumpat ya….. Mata (ma’rifat) dalam budaya Jawa bermakna memberikan manfaat bagi diri dan lingkungan. Itulah alasan mengapa logo Dagadu bergambar mata.

Dagadu memiliki tiga cabang. Cabang pertama terletak di Jalan IKIP PGRI No. 50 Sonopakis, Yogyakarta. Cabang kedua berlokasi di Posyandu 2 di Jalan Pekapalan No. 7 Alun – Alun Utara (sebelah Jogja Gallery). Sedangkan cabang ketiga, Yogyatourium dapat sobat jumpai di Jalan Gedongkuning Selatan.

Yogyatourium (Yogyakarta Tourism Laboratorium) adalah gerai yang terbesar. Sesuai namanya para pendiri berharap Yogyatourium dapat menjadi laboratorium kecil yang dapat memfasilitasi segala kreatifitas masyarakat Yogyakarta. Tempat ini berada tak jauh dari Mie Ayam Tumini, mie ayam paling legendaris di Yogya.


Disini sobat akan disuguhi gerai unik yang berhiaskan mural hanacaraka (aksara jawa). Sobat juga dapat melihat sejarah awal berdirinya Dagadu yang ditata dalam bentuk gambar. Penataan produk begitu apik, sehingga cocok untuk dijadikan tempat selfie. Tempat ini berkonsep one stop shopping. Buka hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00.

Dagadu berawal dari usaha rumahan yang dijual di garasi kecil yang terletak di Jalan Pakuningratan no. 17, Jetis. Tempatnya terletak tidak jauh dari Tugu Yogyakarta. Dagadu digagas oleh 25 orang pada tahun 1994. Pionir Dagadu merupakan mahasiswa dan alumni arsitektur Universitas Gadjahmada (UGM). Mereka memiliki minat yang sama dibidang kepariwisataan, perkotaan dan desain grafis.

Saat itu, modal awal mendirikan Dagadu Rp 4.000.000,-. Pilihan produk awal jatuh pada kaos, karena produk ini paling familiar dengan mereka. Tema yang diusung “Everything about Djokdja”. Pangsa pasar awalnya mahasiswa. Kreatifitas, inisiatif, kekeluargaan, dan kejujuran merupakan nilai – nilai yang dikembangkan di tempat kerja.


Merchandise Dagadu dikenal dari rangkaian kata – katanya yang unik dan mengundang gelak tawa. Selain kaos, sobat juga dapat membeli jaket, topi, tas, mug, sticker, sandal japit motif batik, gantungan kunci, dan masih banyak lagi. Ukurannya beragam, mulai dari anak – anak hingga dewasa semuanya tersedia. Soal harga sangat terjangkau kok, pas dikantong mahasiswa tentunya.

Dalam pemasarannya, Dagadu membuat tiga jenis gerai: gerai statis, unit layanan cepat, dan gerai maya. Setiap bulannya, Dagadu selalu memproduksi produk dengan desain baru. Terkadang, Dagadu juga menawarkan potongan harga dan free produk. Bila sobat berbelanja dengan minimal pembelian tertentu, sobat berhak mendapatkan privillige card. Keuntungannya sobat dapat mendapatkan diskon 10% untuk berbelanja produk dan mendapatkan potongan harga di Kedai Kolega.

Setelah puas berburu oleh – oleh, sobat dapat melepas penat di coffe shop Kedai Kolega dan Kedai Koedapan yang berada di lower ground. Pastikan membeli oleh – oleh digerai resmi Dagadu, karena banyak produk palsu yang beredar di pasaran. Sekian review saya mengenai Dagadu Yogyakarta, have a nice Holiday.

- Debora

Komentar

  1. Kini hadir Permainan baru di Pianopoker.net🀩🀩🀩
    Bandar66
    Bandar66 merupakan game terbaru yang paling diminati saat ini , buruan login dan rasakan permainan baru yang fantastis yaitu Bandar66 hanya di Pianopoker.net

    Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Mudah Hanya Di Pianopoker.net
    Real Website, Real Player Vs Player, Real Winner
    Buktikan Sekarang Juga Bersana kami hanya di PianoPoker

    Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan ( dibagikan setiap 5 hari sekali )
    - Bonus Refferal Seumur Hidup

    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 5 Bank Local :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia-Siakan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Bergantung Kepada Pilihan Anda.
    Jangan Sampai Salah Pilih Situs , Untuk Jadi Jutawan Pianopoker.net Solusimya !!

    Link : PianoPoker.Net

    Join Sekarang Juga !! Kami Tunggu Kehadirannya Para Calon Jutawan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa