Langsung ke konten utama

De Mata De Arca, Tempat Hangoutnya Kids Zaman Now


De Mata De Arca adalah museum hits di Yogyakarta yang wajib dikunjungi kids zaman now. Tempat wisata ini terletak di Jalan Veteran No 151, Umbul Harjo, Gedung XT Squere, Yogyakarta. Museum ini berdiri sejak Desember 2014 silam.

            De Mata De Arca mengusung konsep museum 3D yang fresh, kekinian, unik dan sangat kreatif. Mirip dengan Madame Tussaud dan museum 3D yang ada di Bali, namun sangat kental dengan unsur budaya Indonesia, khususnya Yogya.

Hal tersebut dapat dilihat dari interior ruangan dan pakaian yang dikenakan patung lilin. Patung lilin spiderman menggunakan blangkon (penutup kepala pria, tradisional khas Jawa) dan sarung salah satu contohnya. Harga Tiket parkir mobil Rp 5.000, sedangkan tiket parkir bus Rp 15.000. Sedangkan harga tiket masuknya sebagai berikut:

Hari
Jam
De Mata 1
De Mata 2
De Arca
D’WALIK
Terusan
Senin – Jumat
10 – 15 WIB
Rp 30.000
Rp 30.000
Rp 30.000
Rp 30.000
Rp 100.000
Senin – Jumat
15 – 22 WIB
Rp 40.000
Rp 40.000
Rp 40.000
Rp 40.000
Rp 120.000
Sabtu, Minggu & Peak Season
10 – 22 WIB
Rp 50.000
Rp 50.000
Rp 50.000
Rp 50.000
Rp 140.000

Bagi sobat yang berulang tahun pada hari kunjungan FREE…. Cukup menunjukan kartu identitas saja ke petugas. Usia dibawah 5 tahun FREE, diatas 5 tahun membayar full. Sedikit informasi tambahan nih tiket wisata De Mata De Arca memiliki barcode berwaktu. Saya sarankan sobat membeli tiket di loket resmi De Mata De Arca. Pihak De Mata De Arca tidak akan bertanggung jawab bila sobat membeli tiket diluar loket resmi.

Apa sih perbedaan De Mata, De Arca dan D’Walik? Yuk kita bahas satu persatu. Pertama De Mata. Museum ini berisi setidaknya 120 background 3D yang sangat instagramable. Gambar – gambar disini ada yang dapat digunakan untuk foto personal, ada pula yang digunakan untuk foto group. Untuk foto group sobat dapat meminta tolong kepada penjaga untuk membantu mengambil gambar.

Kedua De Arca. Museum ini letaknya bersebelahan dengan De Mata. Disini sobat dapat bertemu dengan patung lilin tokoh – tokoh idola. Bahan dasar pembuatan patung menggunakan resin. Museum ini terbagi dalam tiga zona yaitu zona tokoh nasional, zona presiden dunia, dan zona tokoh dunia.

Zona tokoh nasional adalah zona pertama yang akan sobat lalui. Letaknya dekat dengan pintu masuk. Disini sobat dapat berjumpa dengan Presiden RI pertama hingga Presiden Jokowi. Demikian halnya dengan tokoh – tokoh pahlawan Indonesia seperti R.A Kartini, Cut Nyak Dhien, hingga Pangeran Diponegoro. Favorit saya adalah patung Affandi yang di tata lengkap dengan replika lukisan-lukisannya.

Pada zona presiden dunia berjajar rapi tokoh – tokoh kenamaan seperti Mantan Presiden Barack Obama, Ratu Elisabeth II, dan masih banyak lagi. Patung lilin memiliki skala 1:1 dengan tokoh aslinya. Gestur dan pakaian yang digunakanpun dibuat semirip dengan tokoh aslinya. Patung – patung tersebut adalah hasil karya seniman Yogya, Dunadi.

Pada zona tokoh dunia, sobat juga dapat berfoto dengan artis – artis mancanegara. Sebut saja Taylor Swift, Michael Jackson, Angelina Jolie, dan masih banyak lagi. Albert Einstain dan tokoh – tokoh kartun seperti Avatar, Hulk, Captain Amerika juga tak ketinggalan. Christiano Ronaldo dan tim sepak bola dunia kesayangan sobat juga ada disini.

Yang terakhir dan terbaru dari tempat wisata ini adalah D’WALIK. De Walik terdiri dari sekitar 30 ruangan. Disini seluruh property ditata secara terbalik. Tema ruangan disini meliputi studio musik, disko, barber, bengkel, olahraga, baby room, angkringan, dll.

Selain itu ada pula horror room yang mengusung tema seperti ruangan rumah sakit jiwa kosong. Banyak darah berceceran, tengkorak, dan serangga dimana – mana. D’WALIK dilengkapi pula dengan studio greenscreen, dengan tema unik. Sobat juga dapat mengambil paket tambahan bila ingin difoto oleh photographer professional.

Buat sobat yang hobby banget foto – foto saya sarankan menggunakan sandal atau alas kaki yang mudah dilepas. Mengingat disini banyak tempat berfoto yang mensyaratkan sobat melepas alas kaki.

Perhatikan pedoman dan contoh foto saat hendak berpose, sehingga gayanya saat difoto lebih maksimal. Pastikan saat berkunjung kesini batre hp maupun kamera sobat terisi full, kalau perlu membawa power bank dan batre tambahan. Karena setiap sudut di tempat ini sangat sayang untuk dilewatkan.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa