Langsung ke konten utama

They Took Me Back To Trans Studio, Bandung


Sejak pertama kali melihat promo tentang Trans Studio di layar kaca, saya sangat antusias untuk mengunjungi tempat ini. Ini adalah kali kedua saya mengunjungi tempat ini. Pada kesempatan kali ini saya diajak oleh rombongan teman – teman dari fakultas bisnis di kampus saya.

Tempat wisata edukasi yang menghadirkan konsep modern ini, berdiri sejak 18 Juni 2011. Trans Studio Bandung dikelola oleh Trans Corp. Tempat wisata berukuran 4,2 hektar ini merupakan indoor theme park terbesar kedua di Indonesia setelah Trans Studio Makasar.

Trans Studio Bandung terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, Batununggal, Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di dalam TSM (Trans Studio Mall), yang sebelumnya bernama BSM (Bandung Super Mall). Hal tersebut menjadikan tempat ini sebagai one stop entertainment untuk turis yang berkunjung.

Karena terletak di pusat kota Bandung, tempat wisata ini sangat mudah dijangkau. Untuk sarana transportasi, sobat dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bila sobat menggunakan angkutan umum, berikut saya rangkumkan rute perjalananya:
  • Dari Stasiun Besar Bandung – naik angkot warna hijau nomer 12 (jurusan Stasiun Hall 1) – Gede Bage – turun di Jalan Jendral Gatot Subroto – berganti angkot warna merah hijau nomer 30 (jurusan Elang Kalapa - Cicadas)
  • Dari Terminal Leuwi Panjang – naiklah angkot warna merah nomer 5 (jurusan Cibaduyut - Cicaheum) – turun di perempatan Binong (Kiaracondong – Gatot Subroto) – berganti angkot warna hijau kuning nomer 01 A (jurusan Cicaheum – Abdul Muis)
  • Dari Terminal Cicaheum – naiklah angkot warna kuning nomer 01 A (jurusan Cicaheum – Abdul Muis)
  • Dari Bandara Husein Sastranegara – naiklah angkot warna coklat hijau nomer 01 A (jurusan Ciroyom – Abdul Antapani) – turun di perempatan Kiaracondong, Jalan Jakarta – berganti angkot warna hijau kuning nomer 01 A (jurusan Cicaheum – Abdul Muis)
Berikut jam oprasional dan harga tiket masuk Trans Studio Bandung:
  • Senin – Kamis: pukul 10.00 – 19.00 WIB, Rp 180.000,-
  • Jumat: pukul 10.00 – 19.00 WIB, Rp 200.000,-
  • Sabtu, Minggu dan hari libur nasional: 09.00 – 21.00, Rp 280.000,-
  • Harga Tiket VIP (Tanpa Antri): Rp 280.000,-
Dengan membayar tiket masuk, sobat sudah dapat menikmati seluruh wahana di Trans Studio tanpa dikenai biaya tambahan lagi. Sedikit informasi tambahan nih, saat sobat membayar tiket masuk, sobat akan diberi kartu Trans Studio.

Kartu tersebut wajib ditunjukan kepada petugas saat hendak memasuki area Trans Studio sebagai bukti pembayaran. Selain dapat digunakan di area Trans Studio Bandung, kartu tersebut dapat sobat isi ulang dan gunakan sebagai sarana transaksi di berbagai gerai yang bekerjasama dengan Bank Mega di seluruh Indonesia.

Trans Studio Bandung terbagi dalam tiga zona unik yaitu Lost City (bernuansa alam), Studio Central (bernuansa broadway) dan Magic Corner (bernuansa mistis). Terdapat 20 wahana permainan. Nama permainan disesuaikan dengan nama berbagai program yang ada di Trans TV dan Trans7.

Wahana yang dapat dinikmati di Lost City:
  • Jelajah: Sobat akan merasakan sensasi melakukan misi penyelamatan dengan mengarungi ganasnya hutan rimba Afrika. Yang menarik, sobat bisa merasakan sensasi melewati jurang dan jatuh dari air terjun setinggi 13 meter. Catatan tinggi badan minimal 120 cm.
  • Kong Climb: Panjat tebing dengan ketinggian lebih dari 15 meter dengan misi mengambil sebuah permata yang dijaga oleh King Kong. Catatan tinggi badan minimal 135 cm.
  • Sky Pirates Zeppelin: Disini sobat akan melihat semua zona lintasan dari ketinggian, menggunakan kapal udara bajak laut. Catatan tinggi badan minimal 125 cm, anak – anak harus didampingi orang dewasa.
  • Amphitheatre: Pertunjukan bertaraf internasional ini menyuguhkan parade artis internasional dan lokal. Dilengkapi dengan desain teater dan special effect yang spektakuler. Cocok dinikmati semua usia.
Wahana yang dapat dinikmati di Studio Central:
  • Yamaha Racing Coaster: Roller coaster ini terbilang unik, karena gerakannya mundur. Ketinggian roller coaster mencapai 50 meter. Kecepatan 120 km per jam, waktu tempuh hanya 3,5 detik. Hanya ada 3 buah roller coaster semacam ini di dunia. Dua berada di Amerika dan satunya di Trans Studio Bandung. Catatan tinggi badan minimal 135 cm, tidak sedang hamil dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Cocok untuk sobat yang ingin menguji adrenalin.
  • Dunlop Trans Car Racing: Pada wahana ini tersedia track balapan dengan panjang hampir 1 km. Kecepatan mobil maksimum 40 km per jam. Catatan tinggi maksimal 185 cm, pengemudi minimal 135 cm, dan pendamping minimal 110 cm.
  • Giant Swing: Ayunan putar pertama yang ada di Indonesia. Sobat akan duduk secara melingkar, kemudian diputar – putar pada ketinggain 18 meter. Ini nih permainan favorit saya. Saya harus rela antri 2,5 jam untuk mencoba wahana yang satu ini. Yang antri banyaak bangeet…. Catatan tinggi badan minimal 130 cm.
  • Super Heroes 4D The Rides: Simulator pertama di dunia yang menampilkan Marvel Super Heroes. Tokohnya meliputi Spiderman, Hulk, Iron Man, Wolverine, dan Fantastic 4. Mereka akan melawan musuh – musuhnya untuk menyelamatkan Jakarta, India dan Amerika. Wahana ini mengkombinasikan kecanggihan multimedia dan special effect. Permainan ini dapat dinikmati semua usia, dengan tinggi badan minimal 100 cm.
  • Indosat Galaxy Vertigo:Kincir angin raksasa ini akan membawa sobat berputar – putar selama tiga menit. Putaran 360 derajat secara vertikal. Catatan tinggi badan minimal 130 cm.
  • Special Effect Action: Wahana ini mengungkapkan rahasia dibalik pembuatan berbagai film action. Simulasi menampilkan berbagai hal meliputi ledakan, tembakan, dan juga semburan air. Catatan tinggi badan minimal 100 cm.
  • Science Center: Sesuai namanya, wahana ini merupakan sarana bermain dan belajar ilmu sceience bagi anak – anak usia sekolah. Untuk orang dewasa oke juga. Banyak spot instagramable disini.
  • SiBolang The Rides: Wahana ini mengajak sobat mengelilingi nusantara bersama “Si Bolang”.  Itu tuh, tokoh yang ada dalam acara bocah petualang. Wahana ini cocok dinikmati semua usia. Catatan anak – anak harus didampingi orang tua.
  • Broadcast Museum: Disini sobat dapat belajar dan melihat proses produksi berbagai program Trans TV dan Trans 7 dari balik layar.
Wahana yang dapat sobat nikmati di Magic Corner:
  • Negeri Raksasa: Masih ingat film Jack The Giant Slayer? Pada permainan ini sobat berperan sebagai Jack yang mengunjungi negri di atas awan, tempat raksasa tinggal. Sobat akan merasakan sensasi jatuh dari angkasa, dengan ketinggian 20 meter. Catatan tinggi badan minimal 130 cm dan berat badan maksimal 100 kg.
  • Dragon Riders: Disini sobat akan diajak berpetualang sambil menunggangi naga. Berasa seperti para kesatria di negri dongeng. Catatan tinggi badan minimal 120 cm.
  • Pulau Liliput: Permainan ini dikhususkan untuk balita, usia maksimal 5 tahun.
  • Dunia Lain: Sobat akan diajak mengunjungi berbagai wilayah di Bandung yang penuh dengan misteri. Buat sobat yang agak penakut, gak usah khawatir hantunya dari robot aja kok. Permainan ini cocok dimainkan semua usia.
  • Trans Movie Magic: Disini sobat akan diajak merasakan sensasi menonton layar lebar dengan sensai yang jauh lebih nyata. Wahana ini cocok untuk semua usia.
  • Trans City Theatre: Wahana ini berupa gedung pertunjukan mewah yang menampilkan berbagai pertunjukan. Cocok dinikmati semua usia.
  • Captain Black Heart’s Pirate Ship: Wahana ini merupakan area softplay tematik terbesar di kawasan Asia Tenggara. Permainan ini cocok dimainkan anak – anak berusia 4 - 12 tahun. Catatan anak – anak harus didampingi orang tua.
Selain dapat menikmati berbagai permainan, sobat dapat berfoto dengan artist yang berada di area permainan. Artist menggunakan konstum ala Jeng Kelin, Michael Jackson, hingga Marilyn Monroe. Berfoto dengan background arsitektur jalanan di Hollywood pada era 60’an disini juga tidak kalah menariknya.

Sudah puas berjalan – jalan dan menikmati berbagai permainan? Saatnya menikmati aneka makanan di restoran dan cafĂ© Trans Studio Bandung. Sedikit informasi tambahan, setiap wahana permainan dilengkapi dengan toilet umum yang sangat terjaga kebersihannya.

Di dekat loket masuk terdapat mushola, yang dapat digunakan untuk menjalankan ibadah shalat. Disekitar Trans Studio Bandung terdapat banyak hotel. Kisaran harga yang ditawarkan antara Rp 260.000 hingga Rp 2.600.000.

Sekian review saya kali ini, harapan saya semoga suatu saat memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Trans Studio Makasar. Baca juga artikel – artikel perjalanan wisata menarik lainya…Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa