Langsung ke konten utama

Get Lost In Selecta, Batu



Selecta adalah salah satu taman bunga tertua di kawasan Batu, Malang. Taman ini terletak di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumuaji, Batu. Taman yang buka setiap hari pada pukul 06.00 – 18.00 WIB ini, sangat terkenal dengan keindahan bunganya. Bunga yang tumbuh disini bermacam – macam jenisnya dan berwarna – warni. Bagi anda yang sangat suka melihat bunga seperti saya, tempat ini tentu akan tampak seperti surga bagi anda.

Selecta dulunya dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1920 – 1928. Selecta dulunya hanya difungsikan sebagai tempat peristirahatan. Wisatawan asing khususnya wisatawan dari Belanda yang berkunjung di Batu, biasanya singgah di tempat ini. Pembesar Indonesia seperti Ir. Soekarno dan Moh. Hatta juga pernah menginjakan kaki di tempat ini. Pada tahun 1949, Selecta di bumihanguskan. Pada tahun 1950 Selecta dibangun kembali menjadi tempat wisata.



Nama Selecta diambil dari bahasa Belanda “selectie” yang artinya pilihan. Sesuai dengan arti namanya, taman ini selalu menjadi objek wisata pilihan yang selalu ramai dikunjungi dari tahun ke tahun. Walaupun Batu memiliki banyak objek wisata baru, taman seluas 18 Ha ini masih tetap eksis hingga sekarang. Lokasinya strategis, akses menuju Selecta juga sangat mudah. Tempat ini selalu ramai dikunjungi terutama saat weekend dan peak season. Tak jarang, bila anda datang agak siang, agak susah dalam mencari tempat parkir.

 Biaya parkir bus Rp 20.000,- parkir mobil Rp 10.000,- parkir motor Rp 5.000,-. Harga tiket masuk Rp 30.000,- per orang, sedangkan untuk rombongan Rp 25.000,- per orang. Harga tiket yang sama berlaku juga pada weekend dan peak season. Dengan tiket tersebut, anda sudah dapat menikmati kolam renang dengan beragam ukuran. Namun anda perlu membeli tiket tambahan bila ingin menikmati wahana berikut:

-          Flying fox Rp 20.000,-
-          Perahu bebek Rp 15.000,-
-          Sepeda udara Rp 20.000,-
-          Kora – kora Rp 10.000,-
-          Playground Rp 10.000,-
-          Kiddie ride Rp 5.000,-,

Bila anda ingin berenang, namun lupa membawa perlengkapan renang, anda dapat menyewa baju renang dengan harga Rp 10.000,- per baju renang dan ban renang Rp 5.000,-. Setelah puas berenang dan bermain seharian, anda dapat bersantap siang atau sekedar membeli snack di food court Selecta.

Selain menyediakan berbagai fasilitas umum seperti toilet dan Mushola, Selecta juga memiliki tempat penginapan. Tarif yang ditawarkan per malamnya bervariasi, mulai dari Rp 600.000,- hingga 750.000,- per malam. Tarif cottage Rp 2.300.000,- / malam. Harga disesuaikan dengan tipe kamar yang anda pilih.



Saran saya bila hendak mengunjungi tempat ini, gunakanlah pakaian hangat. Gunakan sepatu yang nyaman seperti flat shoes ataupun sepatu kets. Air di Selecta cukup dingin, jangan bermain air hingga larut malam. Pengunjung di Selecta sangat padat, bila membawa anak kecil, pastikan anak anda selalu dalam jangkauan pengawasan anda.
- Debora

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa