Langsung ke konten utama

Review Makam Bung Karno, Blitar



Ini adalah kali pertama saya mengunjungi kota Blitar. Dikesempatan kali ini saya pergi bersama tiga orang teman saya melalui jalur darat. Tujuan kunjungan kami jatuh pada Makam Bung Karno. Makam Bung Karno merupakan salah satu icon kota Blitar. Tak heran, Blitar mendapat julukan sebagai Bumi Bung Karno. Lokasinya terletak di sebelah utara kota Blitar, di Jalan Ir Soekarno, daerah Bendogerit kecamatan Sananwetan. Sekitar 3 Km dari pusat kota Blitar.

Salah satu hal menarik dari Makam Bung Karno adalah arsitektur bangunannya. Bentuk arsitektur yang paling iconic dari tempat ini adalah pilar – pilar yang ada di sekitar kolam ikan, ditengah – tengah pelataran menuju makam dan juga kompleks pemakaman yang berbentuk Joglo (khas Jawa) yang dinamai Astono Mulyo.

Saat memasuki area makam Bung Karno, pengunjung wajib melepaskan alas kaki. Diatas makam, ada sebuah batu pualam hitam yang bertuliskan “Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.” Makam Bung Karno, diapit oleh makam kedua orang tua beliau. Sebelah kiri, makam R. Soekini Sosrodihardjo (ayah) dan sebelah kanan Ida Aju Njoman Rai (ibu).

Selain makam, terdapat juga mini museum dan perpustakaan umum. Di dalam museum, kita dapat melihat berbagai lukisan, patung, teks proklamasi berukuran raksasa, dan patung garuda Indonesia. Konon, bila dilihat dari samping, salah satu lukisan tersebut dapat berdetak jantungnya. Terdapat juga foto – foto mendiang Bung Karno dari kanak – kanak hingga usia lanjut dengan bentuk wajah beragam. Tak ayal, Bung Karno dijuluki seribu wajah.


Museum tertata dengan sangat rapi dan dilengkapi fasilitas modern seperti AC dan public computer untuk melihat sekilas sejarah Bung Karno. Demikian halnya dengan perpustakaan umum. Di perpustakaan, anda dapat membaca berbagai macam buku. Mulai dari koleksi umum, buku referensi, buku anak dan remaja, serta koleksi terbitan berkala. Lengkap dengan sebuah ruangan yang berisi koleksi buku khusus Bung Karno. Bagi anggota perpustakaan yang memiliki KTP Blitar, dapat meminjam buku.

Pengunjung bebas mengabadadikan momen mereka, baik di dalam maupun diluar ruangan diseluruh area Makam Bung Karno, kecuali di area perpustakaan. Karena banyaknya pengunjung yang datang, pengunjung area museum dibatasi waktu kunjungannya. Tiket masuk gratis, tiket parkir Rp 5.000,- per mobil, Rp 2.000,- per motor. Jam buka 08.00 – 18.00 WIB. Makam Bung Karno biasanya lebih ramai dikunjungi saat weekend dan musim liburan.

Didalam maupun diluar bangunan Makam Bung Karno, terdapat banyak sekali orang yang berjualan. Barang yang di jualpun bervariatif, mulai dari makanan khas Blitar seperti es drop, buah belimbing, aneka snack, minuman, hingga kerajinan tangan buatan penduduk setempat. Harga yang ditawarkan relatif murah. Bagi anda yang lupa untuk membeli bunga untuk ziarah, jangan khawatir! Disini banyak sekali penjual keliling yang menjajakan bunga. Harga yang ditawarkan Rp 2.500,- per bungkus.


Jarak antara tempat parkir dan pintu masuk kurang lebih 10 menit (berjalan kaki). Area di Makam Bung Karno juga cukup luas. Saya sarankan, bila berkunjung ketempat ini, lebih baik bila menggunakan flat shoes, sepatu kets atau alas kaki yang senyaman mungkin. Gunakan pula pelembap atau sunblock untuk melindungi kulit anda dari teriknya matahari.

Di pintu keluar menuju kearah parkiran, kita akan melalui pasar yang menjual berbagai oleh – oleh khas Blitar. Barang – barang yang ditawarkan meliputi:
-          Baju Batik anak hingga dewasa (harga berkisar dari Rp 15.000 – Rp 75.000,- )
-          Kaos bertuliskan Blitar, kaos bermotif batik maupun kaos bermotif Bung Karno
-          Bumbu pecel, rengginang, aneka kripik (sebagian besar penjual menjual kripik Belut)

Kondisi pasar ramai dan rutenya cukup panjang, tak jarang pengunjung saling berdesak - desakan. Saat melakukan transaksi jual beli, selalu perhatikan barang bawaan anda. Bila hendak membeli oleh – oleh berupa makanan ringan, perhatikan tanggal kadaluarsa dan kondisi makanan tersebut. Bila tidak terdapat tanggal kadaluarsa pada kemasan, anda dapat menanyakan hal tersebut pada penjual. 






Perlu anda ketahui, rute masuk dan rute keluar Makam Bung Karno melalui jalan yang berbeda. Tanyakan arah pada penduduk setempat agar dapat menemukan lokasi tempat parkir lebih cepat. - Debora -






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETRONAS Twin Towers Malaysia, Zest of A Nation

Foto – foto Menara Petronas, seringkali menghiasi gambar – gambar di kalender tahunan kita. Baik kalender duduk, maupun kalender gantung. Tapi tahukah sobat Petronas ternyata adalah singkatan kata dari Petroliam Nasional Bhd? Seperti yang dikatakan oleh Tun Dr. Mahathir Mohamad, selaku Former Prime Minister of Malaysia (1981 - 2003) “As an internationally recognised landmark, the Petronas Twin Towers symbolise the courage, ingenuity, initiative, and determination, energy, confidence, optimism, advancement and zest of a nation”. Gedung ini mewakili simbol Malaysia sebagai negara yang cinta akan kebudayaan dan optimis akan kehidupan mendatang. Gedung kembar bertingkat yang menjadi icon Malaysia ini, selesai dibangun pada tahun 1998. Bila kita melihat secara seksama, dari kejauhan Menara Petronas tampak seperti huruf M. Pemilihan huruf M tersebut, memiliki arti multicultural background didalam satu kesatuan negara Malaysia. Menara Petronas dinobatkan sebagai gedung kembar te

Must Visit! Chocolate Kingdom, Singapore

Suka makan coklat? Tempat ini wajib banget sobat kunjungi bila sedang berlibur di Singapore. Sesuai dengan namanya, Chocolate Kingdom menjual berbagai macam coklat dan kopi. Varian rasa, bentuk dan ukurannya pun beragam. Cocok banget dijadikan oleh – oleh, karena banyak varian rasa coklat yang belum dijual di Indonesia. Harganya premium mulai dari 3$, soal rasa gak usah ditanya deh, ENAK BANGEEETT!!! Kemasan coklat baik, jadi bila coklat leleh terkena panas, sobat tinggal memasukan ke lemari pendingin, bentuk coklat akan kembali seperti semula. Disetiap varian rasa coklat yang dijual, terdapat tester yang dapat sobat coba GRATIS!!! Hal tersebut untuk memudahkan sobat dalam memilih coklat mana yang paling sesuai dengan selera sobat. Kesukaanku coklat tiramisu, coklat putih dan coklat durian. Selain coklat disini aku juga membeli kopi durian, untuk oleh – oleh keluarga di Indonesia. Apa coklat kesukaanmu? Sambil berbelanja coklat, coba deh tengok kearah kotak hias kaca

Mengintip Uniknya Taman Slamet, Malang

Taman Slamet adalah salah satu taman kota Malang yang mengusung tema hidden paradise . Taman ini terletak di Jalan Taman Slamet No 8, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Malang. Walaupun letaknya tidak berada di ruas jalan utama, taman ini sangat ramai dikunjungi. Anda dapat mengunjungi taman ini kapanpun anda mau, karena taman ini buka 24 jam. Biaya parkir Rp 2.000,- per motor, Rp 5.000,- per mobil.   Taman Slamet dapat diakses dari jalan Ijen, Jalan Semeru maupun Jalan Kawi, Malang. Kurang lebih 100 meter dari perpustakaan umum kota Malang (masuk gang di sebelah hotel Kertanegara Premium Guest House). Bila hendak menggunakan angkutan umum, anda dapat naik angkutan kota dengan kode ADL atau AL. Pada malam hari, taman ini indah sekali untuk dijadikan tempat nongkrong bersama kerabat terdekat. Desain taman sangat unik, suasananya juga sangat asri. Banyak spot yang instagramable. Salah satu diantaranya adalah enam buah potongan besi yang membentuk lorong menyerupai gunung, berwa